Pengumuman

Ujian Nasional 2012/2013 tinggal beberapa bulan lagi...

persiapkan diri...

24 Juli 2009

My First Online Experience

Kami tinggal di sebuah kota pinggiran, sebenarnya lebih tepat disebut desa. Betapa susahnya SMP kami terhubung ke internet, tidak ada line telepon dan sinyal yang cukup baik sekaligus murah untuk akses internet. Setelah melalui berbagai uji coba, tahun lalu kami putuskan menggunakan telepon dengan salah satu operator cdma ditambah antena luar. Hasilnya lumayan untuk di share ke 8 komputer Pentium dua, minimal anak-anak bisa praktek 'online' ketika pelajaran TIK. Meskipun terkadang sangat lambat bahkan terputus, kami anggap itu untuk melatih kesabaran.

Koneksi internet manimalis ini juga kami gunakan untuk membekali adik-adik Pramuka Penggalang mengenal internet, jadi tidak hanya latihan tali temali dan sejenisnya. Sebagai Pembina Pramuka kami ingin adik-adik dapat mengenal 'dunia luar' yang lebih luas. Tidak terpikir sebelumnya, bagaimana perasaan mereka dengan pengetahuan baru ini. Hingga saat Blogdetik ulang tahun yang ke-11, menginspirasi kami untuk mengetahui perasaan seseorang yang pertama kali mengenal internet, tentunya ini sangat menarik.

Maka adik-adik Pramuka yang pernah online kami berikan tugas untuk menuliskan perasaan mereka, kami pilih beberapa yang cukup menarik untuk diketik. Tapi maaf saja, bahasa yang digunakan adalah bahasa polos mereka. Bahasa anak desa.

Tidak lupa kami ambil fotonya dengan eksyen mereka yang terbaik. Mau tahu ungkapan mereka, baca saja . . .

Siti Khoiriah (Kelas 9 B)

Pertama kali saya mengenal internet bayangan saya belum berfikir jauh tentang itu. Saya hanya baru mengerti bahwa internet sama dengan komputer. Ternyata setelah saya banyak membuka internet, saya sekarang memahami apa yang ada di dalam internet. Senang sekali rasanya ketika di sekolah ada bimbingan belajar internet, walaupun tidak setiap hari.

Setiap belajar internet di sekolah pasti diberi tugas untuk mencari informasi tentang suatu hal yang berkaitan dengan Dunia Alam Sekitar ini oleh Pak Guru. Dan ketika diberi tugas semacam itu, saya selalu berusaha untuk mencari dan mendapatkan informasi mengenai hal itu. Dan saya juga sangat senang ketika setiap kali belajar dan bermain internet di sekolah karena yang pertama tambah pengetahuan dan tambah wawasan, yang kedua bisa berlama – lama bertemu dengan teman – teman dan yang ketiga selain bisa mencari informasi tentang Dunia Alam Sekitar ini, biasanya setelah tugas yang diberikan Pak Guru selesai, saya mencari informasi–informasi lainnya di luar materi yang sedang saya praktekkan seperti mencari informasi yang berkaitan tentang kehidupan remaja dan sebagainya.

***

Nining Lestari (Kelas 9 C)

Pengalaman saya pada saat online bermain internet adalah saya bisa tahu segalanya dari yang sebelumnya saya tidak tahu hingga yang tidak saya bisa menjadi bisa. Pertama saya tahu internet saya kira internet itu hanya untuk chating–chating dan sebetulnya saya tidak tahu apa yang namanya chating. Tetapi setelah saya ikut internet saya jadi tahu apa itu chating.

Dari internet, saya bisa mencari informasi yang saya cari. Tetapi pada saat bermain internet saya takut macet komputernya karena saya takut salah dan menjadi rusak. Jadi saya sangat hati–hati bila disuruh mencet tombol komputer. Sering kali bila saya mau bermain internet saya sering gugup dan takut salah mencet tombol komputer.
Saya sering kali berusaha untuk tidak gugup pada saat bermain komputer tapi tidak bisa. Mungkin kalau sudah lama kelamaan mungkin saya akan terbiasa. Jadi itulah pengalaman saya sewaktu pertama online bermain internet. Jadi jika ingin mencari informasi yang sangat sulit diketahui carilah di internet. Janganlah bosan mencari informasi di internet karena sangat mengasyikan, tetapi jangan lupa waktu dan ibadah ya...

***

Kasbani Musa (Kelas 9 E)

Pengalamanku ketika aku diajari main internet, aku sangat senang sekali karena bagaimanapun juga kalau sudah bisa membuka dan memainkan internet itu adalah hal kebanggaan bagi saya sendiri. Karena bagaimanapun kalau bisa memainkan internet kita dapat mencari berbagai macam informasi di seluruh dunia ini yang kita inginkan secara langsung dan jelas. Belajar internet itu hal kebanggaan bagi saya karena dengan bisa memainkan internet saya tidak kesulitan lagi untuk mencari informasi yang ada di seluruh dunia ini.

Dan dengan internet kita dapat mengetahui letak Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke bahkan segala situasi di daerah itu walaupun kita tidak pernah pergi ke sana secara langsung. Internet membuatku lebih tahu secara jelas tentang pariwisata yang ada di Indonesia dan tahu letak – letak dan keadaannya dan jelas secara langsung dari internet. Maka pesan saya siapapun yang bisa dan pandai dalam internet janganlah membuka situs – situs yang tidak penting. Carilah informasi yang menurut kita penting saja. Karena menurut saya waktu adalah uang, manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya oke...thank you...bay..bay..peace....

***

Wahyuni (Kelas 9 E)

Pada waktu saya diberi tahu sama teman–teman bahwa yang ikut pramuka disuruh Pak Guru untuk belajar internet. Saya sangat takut karena saya tidak bisa internet. Tapi saya juga penasaran dan ingin tahu apa itu internet. Akhirnya saya pun tertarik juga untuk ikut walupun takut.

Setelah saya mempelajarinya ternyata internet itu sangat menyenangkan dan menghibur, juga bisa mengetahui semua pelajaran yang kita pelajari termasuk pramuka juga. Jadi menurut saya internet itu menyenangkan dan saya suka internet. Walaupun saya belum mengenal lebih jauh tentang internet.

***

Dari ungkapan mereka, kami yakin para pembaca memiliki sekilas gambaran tentang SMP kami.

Selamat ultah ke 11 Detikcom..


0 komentar:

 
SMP Negeri 8 Pemalang © 2007 Template feito por Templates para Você Tested by Blogger Templates