Pengumuman

Ujian Nasional 2012/2013 tinggal beberapa bulan lagi...

persiapkan diri...

19 Juli 2009

REDIP

Tepat hari pertama masuk sekolah 13 Juli 2009, Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang menghubungi SMP Negeri 8 Pemalang untuk memberangkatkan Ketua Komite dan Kepala Sekolah guna menghadiri Fasilitasi Penyelenggaraan Manajemen SMP/MTs Pola Redip selama 3 hari bertempat di LPMP Jawa Tengah.

REDIP (Regional Education Devepopment and Improvement Program) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari tingkat sekolah. Sekolah menyiapkan proposal kegiatan peningkatan mutu, baik mutu guru maupun siswa sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Program REDIP ini memberikan dana bantuan kepada sekolah dan tim pengembangan pendidikan kecamatan (TPK) sesuai proposal yang diajukan. Dengan menggunakan dana bantuan, sekolah dan TPK melaksanakan kegiatan yang diusulkan. Meskipun sederhana, program ini dapat meningkatkan akses, mutu, dan manajemen secara bersamaan.

Implementasi program REDIP di salahsatu Kabupaten sejak 1999 dimulai dari dua kecamatan, kemudian berkembang menjadi sepuluh kecamatan, dan seluruhnya sebanyak 17 kecamatan. Berbagai program Redip, yang dibiayai seluruhnya APBN adalah REDIP-G (REDIP Government), REDIP Mandiri yang didanai oleh APBD, REDIP Pengembangan, dan REDIP Perluasan Pelaksanaan.

Rintisan REDIP Pengembangan Tahun 2009 mendapat dana untuk kegiatan di Sekolah (masing-masing 15 juta) dan TPK (masing-masing 30 juta) meliputi 5 Kabupaten yaitu : Kab. Semarang, Sragen, Blora, Rembang dan Tegal. Sedangkan Kabupaten lain tidak mendapatkan dana untuk TPK, sehingga sekolah yang mendapatkan dana Redip perlu menyisihkan sebagian untuk membiayai kegiatan di TPK.

Kabupaten Pemalang mendapatkan 75 juta untuk 5 sekolah di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Pemalang dan Kecamatan Taman. Salah satu syarat sekolah yang mendapatkan Redip adalah bukan SSN dan RSBI/SBI. Mana sajakah sekolah yang mendapatkan dana Redip di Pemalang ? Tunggu berita berikutnya...



0 komentar:

 
SMP Negeri 8 Pemalang © 2007 Template feito por Templates para Você Tested by Blogger Templates