Pengumuman

Ujian Nasional 2012/2013 tinggal beberapa bulan lagi...

persiapkan diri...

25 Juli 2009

Sekolah Gratis

Wacana sekolah gratis yang sering dipublikasikan terutama ditelevisi. Mungkinkah ???

Ternyata sekolah yang benar-benar gratis hanya ada di televisi. Hampir semua sekolah di Pemalang masih memungut iuran dari orang tua siswa. Dari sumbangan pengembangan (istilah lain uang gedung) hingga sumbangan peningkatan mutu pendidikan (istilah lain sop/spp). Nampaknya semua sekolah tidak mampu mengelola keuangan hanya mengandalkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dari pemerintah pusat. Apalagi tidak semua anggaran dapat dibiayai oleh BOS, misalnya Wali Kelas, Wakil Kepala Sekolah, Pembantu Pimpinan Urusan Kesiswaan, Kurikulum dan masih banyak lagi, padahal itu semua pekerjaan tambahan yang cukup melelahkan. Haruskah mereka tidak dibayar ?

Meskipun demikian, sekolah tetap saja tidak berani terang-terangan meminta iuran dari wali murid, bagaimanapun juga wacana 'sekolah gratis' membuat sekolah serba salah. Sebenarnya sumbangan dari orang tua siswa ditujukan kepada mereka yang 'mampu' saja, namun era tahun 2009 ini sebagian besar masyarakat bangga menyebut dirinya miskin dan perlu sumbangan.

Akhirnya....
SMP Negeri 8 Pemalang tetap menarik sumbangan dari orang tua/wali siswa. Tidak ada informasi bagi yang tidak mampu. Hanya saja bagi orang tua/wali siswa yang merasa tidak mampu diberikan kesempatan untuk datang/melapor ke sekolah untuk kemudian semacam di survei (home visit). Dan kalau memang benar-benar tidak mampu akan dibebaskan dari berbagai sumbangan. Bahkan sebagian ada yang dijadikan anak asuh oleh beberapa guru di SMP Negeri 8 Pemalang.

0 komentar:

 
SMP Negeri 8 Pemalang © 2007 Template feito por Templates para Você Tested by Blogger Templates